Selasa, 26 November 2013

Sejarah Komunitas Pencinta Anime jakarta



Sejarah pembentukan KOPAJA: Semua ini berawal dari salah seorang pecinta animanga yg baru saja datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaaan. Kebetulan beberapa minggu kemudian ada event tahunan yaitu "Jakarta Fair" yg di selenggarakan pada tanggal 24 Juni 2012 oleh JIExpo di PRJ kemayoran. Karena ingin mengetahui seperti apa event jejepangan itu yg berlangsung maka dia mengkontak kenalannya yg pernah bersama-sama membangun fanspage "Komunitas One Piece Indonesia (KOPI)" untuk datang ke event tersebut. 

Sesuai janji yg telah disepakati saya dan sebut saja Ditz bertemu di halte busway budaran HI. Butuh perjuangan yg cukup hebat untuk sampai ke PRJ karena kami berdua sama-sama tidak tau jalan dan pada akhirnya kita memutuskan untuk JALAN KAKI dari stasiun Kota sampai ke PRJ hanya berbekal 1 botol air mineral. Bayangkan seberapa jauh dan capek nya, belum ditambah panas yg menyengat karena pada saat itu waktu menunjukkan jam 11 siang. XD Setelah sampai di event tersebut awalnya saya ragu bahwa yg datang kebanyakan bukan anak-anak remaja atau orang-orang yg lebih tua, akan tetapi setelah masuk ke dalam dan kontes cosplay pun dimulai, saya melihat antusias para pengunjung yg cukup besar dan saat itu juga saya berpikir "Ternyata banyak orang-orang seperti saya yg suka anime dan hal-hal yg berbau jepang, kenapa ga buat aja suatu komunitas seperti ini, seengaaknya kita bisa ngumpul dengan orang-orang sehobby" itu yg ada dipikiran saya saat itu. Hanya satu foto ini kenang-kenangan waktu itu, sebenernya ada video JKT48 yg saya rekam sendiri tapi sekarang entah dimana maka hanya ada foto ini klik dibawah ini Setelah pulang dari event tersebut saya masih kepikiran soal hal itu, saya merasa tidak sendirian lagi ternyata banyak anak-anak remaja yg suka anime, setelah ada beberapa tanggapan positive dari temen-temen fb saya berinisiatif untuk membuat komunitas. 

Perlu beberapa hari untuk memikirkan sebuah nama, beberapa nama yg terpikirkan adalah "Indonesian Anime Community", "Anime Community Jakarta", "Jakarta Cosplay Community" dll. Nama-nama diatas saya anggap fail karena saya ingin komunitas ini menjadi ciri khas Jakarta, do you know what i mean? maksudnya bener-bener keliatan klo komunitas ini hanya ada di Jakarta. And Bingo! Maka dari itu saya menamakan komunitas ini dengan nama "KOmunitas Pecinta Anime Jakarta [KOPAJA]", karena yg saya tahu KOPAJA (red-bus) hanya ada di Jakarta dan merupakan nama yg unik serta bisa diingat dengan mudah. 

Kenapa saya bilang unique? Jika orang lain membuat nama komunitas jepang pasti akan disangkut pautkan dengan kata-kata jepang atau hal-hal berbau jepang tapi KOPAJA begitu unik dan hanya ada di Jakarta. Dan setelah semua itu sampai lah di KOPAJA yg seperti saat ini, yg melakukan gathering setiap bulan, mengikuti event-event jepang di Jakarta dan lain-lain. Sampai tulisan ini dibuat KOPAJA sudah berumur 1 tahun 6 bulan berjalan. Saya sangat berterima kasih kepada semua FAMILY KOPAJA yg setia serta membangun KOPAJA sampai saat ini, saya benar-benar berterima kasih kepada kalian. Saya dengan kesadaran diri terlepas dari semua itu saya meminta maaf jika saya mempunyai salah atau merepotkan kalian semua.

Sekali lagi saya berterima kasih kepada KOPAJA Daikazoku khususnya si Ditz jika saat itu dia menolak ikut Jakarta Fair saya jadi ga bisa melihat antusias orang-orang yg akan mejadi cikal bakal pembentukan KOPAJA ini. ARIGATOU GOZAIMASU.. Sekian artikel ini saya buat, semoga KOPAJA makin solid, makin maju dan bisa menjadi komunitas nomer 1 di Jakarta. Amiin.. Satu pesan dari saya, jangan pernah melupakan motto kita "We are FAMILY, one spirit for UNITY" thanks for reading, and jaa-neee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar